Oleh Prof Syabuddin Gade
Imam an-Nasai, meriwayatkan sebuah hadis Rasulullah SAW tentang empat golongan manusia yang dibenci Allah, yaitu;
أربعة يبغضهم الله تعالى؛ البياع الحلاف، والفقير المختال، والشيخ الزاني والإمام الجائر (رواه النسائي)
Artinya;
Empat golongan manusia yang dibenci Allah; penjual yang suka menabur sumpah, orang faqir yang sombong, orang tua penzina, dan pemimpin yang zalim (H.R. An-Nasai).
Jika ditelusuri makna hadis tersebut, maka di dalamnya terkandung pesan yang amat lugas dan jelas. Secara tekstual, di dalamnya terkandung empat golongan yang dibenci Allah.
Pertama, penjual atau pedagang yang menabur sumpah untuk meyakinkan pembeli agar barang dagangannya laku padahal boleh jadi barang dagangannya sudah kusut, lusuh, jelek, busuk, kadaluarsa, dan lain sebagainya. Ia berusaha meyakinkan pembeli dengan sumpahnya.
Golongan manusia semacam ini rupa-rupanya sudah muncul di era Nabi Muhammad SAW, bahkan di era jahiliah sebelum Nabi Muhammad SAW diutus sebagai Rasul dan ternyata masih saja ditemukan dalam berbagai transaksi perdagangan era sekarang, mungkin teknisnya berbeda sambil menutup-nutupi kekurangan barang dagangannya. Karena itu, tuedukasi Rasullullah saw bukan hanya hendak menjelaskan kebencian Allah terhadap golongan pedagang yang suka menabur sumpah dalam transaksi jual beli, tapi jauh dari itu, agar umatnya kelak —jika ia memilih profesi pedagang— tidak mengikuti dan tidak berperilaku sebagai pedagang yang menaburkan sumpah demi lakunya barang dagangannya dengan rela berbohong. Sebab perilaku pedagang semacam ini akan mengundang kebencian Allah. Jika Allah sudah benci, maka pedagang itu pasti akan memperoleh keruagian yang besar cepat ataupun lambat. Betapa tidak, pembeli yang melakukan transaksi atas dasar kebohongan si penjual tentu akan sangat menyakitkan hatinya dan dipastikan ia tidak akan membeli lagi barang dagangan dari pedagang yang menabur sumpah kebohongan. Bahkan, sipembeli akan berkampanye bahwa “pedagang A” adalah sipenabur sumpah dan pembohong”. Hal semacam ini tentu bisa dibayangkan betapa nasib buruk yang akan menimpa pedagang semacam itu.
Kedua, orang faqir sombong. Allah benci kepada orang faqir yang menyombongkan diri, faqir di sini boleh jadi faqir harta atau faqir ilmu. Jadi, orang faqir pada sekurang-kurangnya sadar, tawadhu’ dan qanaah dengan keadaannya. Akan lebih baik lagi kalau ia terus berusaha memperbaiki keadaannya menjadi lebih baik, bukan justeru menyombongkan diri, karena orang faqir sombong akan mengundang kebencian dari Allah. Sebab, sesungguhnya yang berhak menyombongkan diri hanyalah Allah. Karena itu, tujuan edukasi Rasulullah dakam konteks ini adalah mengirim pesan kepada umatnya, terutama para fuqara, agar menjauhkan diri dari sikap sombong.
Ketiga, orang tua penzina (al-Syaikh al-Zani). Secara etimologis kata “al-syaikh” paling kurang mengandung tiga makna, antara lain; 1) “orang tua”, yakni orang yang berumur tua. Jika orang ini berzina, maka amatlah dibenci oleh Allah. Sebab, secara biologis, orang berumur tua nafsu libidonya sudah berkurang –‘tidak menggebu-gebu seperti anak muda. Seharusnya tidak terjebak dalam perbuatan zina, karena nafsu syahwat yang memaksanya malakukan zina sudah berkurang. Tetapi, ini bukan bermaksud anak muda boleh melakukan zina, zina tetap perbuatan keji yang haram dilakukan oleh setiap muslim dan mulimah; 2) Sebuah laqab bagi orang alim. Sering seorang ulama diberi laqab “syaikh”, karena kedalaman ilmu agamanya. Jika orang alim berzina, maka ini amat dibenci Allah. Seharusnya ia bisa menahan nafsu syahwat dengan ilmu dan imannya.
Perilaku semacam ini sering dikisahkan seperti kisah Syeikh Bal’am, bahkan kisah semacam ini sering terulang pada era sekarang di mana sering diberitakan di media tentang “orang alim” yang terjebak dalam selingkuh atau zina; 3) Dalam konteks kajian fiqih atau hadis, kata “al-syeikh” diartikan secara lebih sepesifik, yakni orang yang menyampaikan hadis atau orang yang darinya diambil hadis. Jika orang sekelas ini berzina tentu amat dimarahi Allah, sebab secara keilmuan ia pasti tahu betapa banyak hadis Rasulullah saw yang melarang tentang perbustan zina. Karena itu, dalam konteks ini tujuan edukasi Rasulullah saw adalah mengirim pesan kepada umatnya agar menjauhkan diri dari zina.
Keempat, pemimpin yang zalim. Pemimpin adalah orang yang melayani, membuat kebujakan dan mengambil keputusan terbaik bagi kepentingan dan hajat hidup rakyat di bawah kekuasaannya.
Ia harus mempertanggungjawabkan kekuasaanya itu bukan hanya di hadapan rakyat tetapi juga di hadapan Allah. Seorang pemimpin tidak boleh menzalimi, menyakiti merusak kepentingan rakyat, apalagi membungkam kebebasan dan menghilangkan nyawa rakyat.
Fakta menunjukkan bahwa tidak sedikit pemimpin yang berlaku zalim delam berbagai bentuk terhadap rakyatnya. Sejarah mencatat betapa kejamnya Genghis Khan, Hitler, Timur Lenk, Wu Zetian, Pol Pot, Slobodan Milosevic, dan lain-lain.
Apakah di Indonesia ada pemimpin yang kejam pada rakyatnya sendiri? Silakan baca sendiri sejarah pelanggaran Hak Asasi Manusia Indonesia? Karena itu, tujuan edukasi Rasulullah dalam konteks ini adalah menyampaikan pesan agar umatnya yang bertindak atau diberi amanah sebagai pemimpin tidak berlaku zalim kepada bawahan atau rakyatnya, karena kebencian Allah akan menimpa pemimpin yang zalim, baik pemimpin zalim itu beragama Islam ataupun tidak.
Golongan kedua, ketiga dan keempat tersebut juga dijelaskan dalam hadis yang lain dengan lafaz yang agak berbeda, yaitu;
وَعنْ أبي هريرة قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّه ﷺ: ثَلاثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمْ اللَّه يوْمَ الْقِيَامةِ، وَلاَ يُزَكِّيهِمْ، وَلا ينْظُرُ إلَيْهِمْ، ولَهُمْ عذَابٌ أليمٌ: شَيْخٌ زَانٍ، ومَلِكٌ كَذَّابٌ، وَعَائِل مُسْتَكْبِرٌ رواهُ مسلم.
Artinya; Dari Abi Hurairah ra berkata, bagwa telah bersabda Rasulullah saw; tiga golongan manusia tidak disapa, tidak disucikan, tidak dilihat oleh Allah pada hari kiamat, bahkan mereka akan ditimpa azab yang pedih, yakni; syaikh yang berzina, pemimpin pembohong, dan orang faqir yang sombong. ( H.R. Muslim).
Karena itu, jika ditelusuri lebih dalam tujuan edukatif yang terkandung dalam hadis tersebut bukan hanya sekedar menerangkan klasifikasi golongan manusia yang dibenci Allah, tetapi Rasulullah menginginkan agar umatnya menjauhkan diri dari keempat golongan manusia tersebut. Jika umat Islam mampu menjauhkan diri dari keempat golongan tersebut, maka mereka bukan hanya akan jauh dari kebencian Allah, tetapi mereka akan mendapatkan kasih sayang (ar-rahmu) kelembutan (al-hilm) ketenangan (sakinah) dan ridha dari Allah (al-ridha min Allah). Wallahu A’lam.