Pengurus Dewan Dakwah Aceh Besar Resmi Di Lantik

 

Montasik (2/12) — Pengurus Daerah Dewan Dakwah Aceh Besar periode 2018-2021 resmi dilantik oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA di Mesjid Besar Al Jihad Montasik, Minggu (2/12/2018).

Hadir dalam pelantikan tersebut Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar, Adi Darma M.Pd, Muspika Kec Montasik dan tamu undangan lainnya.

Ketua panitia Marfiandi dalam laporannya mengatakan dipilihnya Mesjid sebagai tempat pelantikan agar Dewan Dakwah Aceh Besar lebih dekat dan dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

Ketua Dewan Dakwah Aceh Besar, Mulyadi S.Sos.I usai pelantikan mengatakan Aceh Besar merupkan salah satu Kabupaten di Aceh yang sangat luas wilayahnya, yaitu terdiri dari 23 Kecamatan dan 604 gampong dengan jumlah penduduknya mencapai 384.661 jiwa.

“ini semua akan menjadi lahan dakwah yang akan kita laksanakan. Dewan Dakwah Aceh Besar akan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten dan Ormas Islam serta yayasan-yayasan yang bergerak dalam bidang dakwah dan pendidikan untuk memajukan Kabupaten Aceh Besar. Dan kerja dakwah ini mestilah dilaksanakan secara ikhlas dan mengharapkan pertolongan Allah swt,” kata Mulyadi.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA dalam sambutannya mengharapkan agar Dewan Dakwah Aceh Besar dapat meningkatkan kegiatan dakwah, mengingat tantangan dakwah sendiri semakin hari semakin bertambah berat.

“Harapan ini sangatlah beralasan karena sebagian besar pengurusnya adalah kader binaan Dewan Dakwah alumni Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir Jakarta. Dimana STID tersebut merupakan salah satu lembaga pendidikan binaan Dewan Dakwah,” kata Tgk Hasanuddin.

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN AR-Raniry ini menambahkan dakwah yang dilakukan oleh Dewan Dakwah diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan ummat. Khususnya di Aceh yang Islamnya sudah pernah berjaya dan memberikan kontribusi kepada Indonesia di masa dahulu kala.

“tentunya kami sangat mengharapkan dukungan dari tokoh masyarakat dan pemerintah daerah untuk kelancaran kegiatan Dewan Dakwah ke depannya,” kata Tgk Hasanuddin.

Sementara itu Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar, Adi Darma M.Pd dalam arahannya mengatakan tugas untuk berdakwah bukanlah hanya tugas Dewan Dakwah saja, akan tetapi juga menjadi tugas bagi semua orang Islam sebagaimana tersebut dalam quran surah Ali Imran ayat 104.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Besar kami sangat mengapresiasi terhadap pengurus yang sudah dilantik. Kami juga berharap Dewan Dakwah ini akan menjadi mitra pemerintah Kabupaten khususnya dalam pelaksanaan syariat islam secara kaffah,” kata Adi Darma.

Ia menambahkan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar sangat konsen dengan penegakan syariat islam. Dari itu diharapkan dukungan dari semua pihak khususnya Pengurus Dewan Dakwah yang baru dilantik.

“Salah satu buktinya adalah adanya seruan untuk menghentikan semua kegiatan di saat waktu shalat,” tegasnya.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan Kajian Islam yang dibahani oleh Abu Muhammad Yus dengan topik Dakwah Sebagai Solusi Permasalahan Ummat.

Adapun Pengurus Dewan Dakwah yang dilantik sebagai berikut :
Ketua : Mulyadi S.sos.I
Sekretaris : Masrur Marzuki, MA
Bendahara : Hanisullah MA
dibantu oleh bidang-bidang