Pendidikan Anak-Anak Perbatasan

Setahun sebelumnya, Tahun Ajaran 2010/2011, juga telah memfasilitasi pendidikan 5 orang anak-anak muallaf dari Aceh Singkil untuk belajar di beberapa pesantren di  Aceh Besar, masing-masing; Karmiati Manullang ditempatkan di Ma’had Putri Dar Maryam Samahani, tingkat Aliyah, Reduan Padang di Ma’had Ar-Rabwah Indrapuri tingkat Tsanawiyah, Yasri dan Alexanderr Bancin di Nurul Falah Abu Lam U tingkat Aliyah dan Anita Manullang di Dayah Darul Ihsan  Krueng Kalee tingkat Tsanawiyah. Mereka diprogramkan menjadi kader yang akan membina daerahnya setelah menyelesaikan pendidikan.

Fasilitasi yang dilakukan oleh Dewan Da’wah Aceh ini sebagai proses follow dari kegiatan pembinaan muallaf yang sudah dilaksanakan di daerah perbatasan (Aceh Singkil, Subulussalam dan Aceh Tenggara). Karena terbatasnya sumber daya manusia lokal (putra daerah) sehingga proses pembelajaran tentang keislaman tidak berjalan dengan baik, kendati sudah ada program da’i perbatasan dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam. Untuk itu Dewan Da’wah berinisitif menyekolahkan putra putri dari daerah perbatasan, untuk tahap awal dari pedalaman Aceh Singkil, dan menandatangani kontrak dengan orang orang tua masing-masing agar bersedia kembali ke kampung masing-masing untuk mengajari masyarakatnya.

Program ini terlaksana atas kerjasama dengan Yayasan Syeikh Eid Qatar, Yayasan Ash-Shilah, Pesantren Abu Lam U, Syeikh Abdullah dari Turki dan Ma’had Ar-Rabwah, Pengurus Daerah Dewan Da’wah Acejh Singkil, Baitul Mal Provinsi Aceh dan Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar serta sejumlah donatur lainnya.

Mengingat kondisi ekonomi keluarga santri  yang sangat memprihatinkan dalam berbagai sisi kehidupan, baik yang muallaf, fakir miskin dan yatim, maka kami mengajak agar hati kita tersentuh untuk mengambil peran masing-masing dalam  rangka kepedulian bagi mereka. Apa yang bisa dan sudah kita lakukan untuk saudara baru kita?
 
Kepada para dermawan dan donatur yang berminat membantu dapat menghubungi Sekretariat Dewan Da'wah Aceh di Jalan T. Nyak Arief No. 159 Lamgugob-Jeulingke Banda Aceh… Telp. 0651-8011087  email; ddiinad@yahoo.com atau hubungi langsung Koordinator Pembinaan Anak Muallaf, Ali Amin HP. 0811688173, via Rekening Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh Rekening Nomor: 918.1604699 an: hasanuddin yusuf adan QQ DDII – NAD atau Rekening Giro Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia di BPD Aceh Syariah Nomor Rekening 612-01-08000031-5


Banda Aceh, 4 Agustus 2011
Pengurus,


Said Azhar
Sekjen Dewan Da’wah Aceh