Pemuda Dewan Dakwah Aceh Gelar Daurah Dakwah I

Pengurus Pemuda Dewan Dakwah Aceh (PDDA) menggelar Daurah Dakwah I untuk tahun 2015. Kegiatan yang dipusatkan di dua tempat sekaligus, berlangsung selama dua hari di Markaz Dewan Dakwah Aceh Gampong Rumpet, Kec. Barona Jaya, Kab. Aceh Besar, kemudian berlanjut di Kompleks Pesantren Darul Hijrah, Aceh Besar.

Kegiatan yang bertemakan “Membangun Generasi Peradaban Dakwah” tersebut, dilaksanakan tanggal 29-30 Maret 2015, dengan menghadirkan sejumlah pemateri dari unsur akademisi UIN Ar-Raniry, Unsyiah, Unmuha, dan LIPIA Baiturrahman Banda Aceh.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Tgk. H. Dr. Hasanuddin Yusuf Adan, MCL, MA., diikuti secara antusias oleh 50 orang yang didominasi mahasiswa/i semester awal dari seluruh Aceh sebagai peserta. Kesemuanya merupakan calon kader dakwah yang berasal dari berbagai kampus PTA/PTN/PTS di seluruh Aceh.

“Kegiatan ini merupakan upaya merekrut kader-kader berkualitas sebagai pengurus PDDA kedepan, maka sengaja direkrut dari PTA/PTN/PTS dari seluruh kampus yang ada di Aceh,” terangnya.

"Selain materi kajian islam, kegiatan diselingi outbond dan malam muhasabah," tambahnya. 
Peserta cukup antusias mengikuti pelatihan tersebut. Tampak seluruh peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama dua hari hingga usai. 

“Disadari bahwa eksistensi PDDA sebagai lembaga kader yang konsisten dalam memperjuangkan penegakan Syariat Islam di Aceh selama ini, menjadi daya tarik sendiri bagi para pemuda Islam di Aceh yang berminat menjadi muballigh, maka penting bagi segenap peserta untuk berprilaku sesuai tuntunan baginda Rasulullah SAW, dengan menunjukkan pribadi yang amanah dan santun,” demikian salah satu isi sambutan Tgk. Hasanuddin Yusuf Adan, mengingatkan kepada peserta.

“PDDA merupakan satu-satunya lembaga pemuda kader dakwah bersifat nasional yang dimiliki Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia pusat dan berkedudukan di Aceh. Lembaga ini menjadi pilot project bagi DDII secara nasional, karena belum ada di provinsi lain,” demikian penjelasan Basri Effendi, selaku Ketua Umum PDDA yang juga Dosen Fakultas Hukum Unsyiah.

Kegiatan ini ditutup tepat pukul 12.00 Wib, Minggu (29/3/2015) bertempat di Gedung Serbaguna Kompleks Pesantren Darul Hijrah, Kec. Kuta Malaka, Kab. Aceh Besar. (RZ/DS)