Laznas DDII Ajak Umat Islam Berkurban di Pedalaman Nusantara

Menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 2018, Lembaga Amil Zakat Nasiona Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) mengajak umat untuk berkurban di pedalaman nusantara. Manajer Program Laznas DDII, Agung Gumelar mengatakan, umat yang hidup di pedalaman juga harus merasakan semarak Idul Adha tahun ini.

Menurut dia, berkurban merupakan teladan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebagai bentuk penghambaan kepada Allah. Namun, menurut dia, terkadang umat yang hidup di pedalaman masih kerap terlupakan.

“Kita seringkali menyantap hewan kurban setiap tahunnya, membuat sate dan sebagainya, sedangkan kita belum mengetahui kondisi saudara kita di pedalaman, tepencil dan jauh, dan minim dai-dai di sana,” ujar Agung saat ditemui dalam peluncuran program qurban di Kantor DDII, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Ahad (22/7).

Karena itu, lanjut dia, pada tahun ini Laznaz DDII mengangkat tema semarak qurban di pedalaman. Dia pun mengajak agar umat berkurban melalui DDII untuk disalurkan ke daerah pedalaman. Umat bisa langsung menghubungi pengurus Laznas DDII melalui website ataupun datang langsung ke Kantor DDII.

“Jadi saudara-saudara kita di pedalaman pun harus mendapat kebahagiaan ketika kurban. Jadi tidak hanya di perkotaan saja yang merasakan,” ucapnya.

Agung menambahkan, secara nasional tahun ini Laznas DDII menargetkan untuk menyembelih 10 ribu hewan kurban sapi. Sementara, untuk di luar negeri ditargetkan pengumpulan dana Rp 10 miliar untuk dibelikan hewan kurban.

“InsyaAllah 10 ribu hewan kurban itu akan disebarkan ke daerah pedalaman, banyak daerahnya dari Aceh sampai Papua,” kata Agung.

Qurban Aceh

Dewan Dakwah Aceh juga melakukan qurban di tiga kabupaten, yakni kabupaten Aceh Singkil, Pidie dan Aceh Besar, hal itu disampaikan oleh Tgk Said Azhar, Sekretaris Dewan Dakwah Aceh, di Komplek Markaz Dewan Dakwah Aceh, Rumpet, Selasa (14/8/2018).

“Alhamdulillah, tahun ini dewan dakwah menyalurkan hewan qurban ke 3 kabupaten, untuk Aceh Besar qurban dari pengurus dewan dakwah aceh, untuk Aceh Singkil qurban dari masyarakat Batoh, Lueng Bata dan sementara kabupaten Pidie, sumbangan dari BMH Semarang,” kata Tgk. Said

 

Sumber : REPUBLIKA.CO.ID

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.