DEWAN DA’WAH DAN BKM ULEE KARENG BANTU MUSLIM ROHINGYA

Senin, 1 Juni 2015, Dewan Da’wah Aceh melakukan kunjungan kali kedua untuk menyalurkan bantuan ke posko pengungsi Muslim Rohingya yang ada di Kuala Cangkoi Seuneudon Aceh Utara. Bantuan berupa kain sarung, beras, pakaian layak pakai dan uang tunai sebesar 12,3 juta  diterima oleh koordinator relawan posko ACT. Pengungsi ini sudah sebulan lebih menepati lokasi Kuala Cangkoi, dan sudah ada komitmen dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dalam waktu dekat untuk menyiapkan tanah untuk relokasi pengungsi di  Kuta Makmur, dekat jalan pipa line dengan membangun shelter/tempat tinggal, demikian penjelasan koordinator posko ACT.

Zulfikar, SE selaku koordinator Posko Dewan Da’wah Aceh, didampingi perwakilan dari BKM Baitusshalihin Ulee Kareng, dalam prosesi penyaluran bantuan menyampaikan keprihatinan mendalam dengan derita Muslim Rohingya, dan mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang akan menyiapkan tempat tinggal sementara untuk muslim Rohingya. Semoga kebijakan ini disahuti juga oleh Pemerintah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur secara khusus untuk pengungsi di sana, dan Pemerintah Aceh serta Indonesia secara umum.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada donatur yang sudah menyalurkan bantuan melalui Dewan Da’wah dan BKM Baitusshalihin Ulee Kareng, dan bantuan yang kami berikan ini tidak seberapa dibandingkan dengan musibah dan pengorbanan yang ditanggung oleh saudara kami dari Rohingya, semoga Allah Swt memberi kesabaran kepada mereka dan kepada yang sudah menyumbang semoga menjadi sedekah jariyah yang akan dibalas oleh Allah Swt. baik di dunia maupun akhirat, kata Zulfikar mengakhiri sambutannya.

Adapun data jumlah pengungsi muslim Rohingya yang selama ini sudah ada di Aceh adalah sebagai berikut:

Tempat Penampungan

Rohingya

Bangladesh

TOTAL

Laki-laki

Perempuan

Anak-Anak

Jumlah

Laki-laki

Kuala Langsa – Kota Langsa

118

76

63

257

426

683

Bayeun – Aceh Timur

187

86

84

357

52

409

Rawa Cangkoi – Aceh Utara

168

69

92

329

40

369

Gedung SKB – Aceh Tamiang

27

12

 

39

9

48

 

Banda Aceh, 3 Juni 2015

Pengurus Dewan Da’wah,

 

Zulfikar, SE

Ketua Bid. Sosial dan Penanggulangan Bencana